Bukan Hanya Enak, Jamur Tiram Juga Kaya Manfaat

Bukan Hanya Enak, Jamur Tiram Juga Kaya Manfaat

Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang aman dan paling banyak di konsumsi. Memiliki rasa yang enak serta tekstur yang tidak begitu alot membuat jamur iniĀ  banyak di gemari banyak orang. Jamur ini juga sering di jadikan sebagai pengganti daging oleh kaum vegan maupun vegetarian. Selain rasanya yang enak serta memberikan sensasi yang menyenangkan saat di makan, jamur tiram juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kamu dapatkan dari jamur tiram jika kamu konsumsi dengan teratur.

1. Meningkatkan Imun

Sebuah penelitian yang membahas tentang jamu tiram membuktikan bahwa jamur tiram mengandung senyawa aktif yang dapat merangsang makrofag. Makrofag adalah salah satu bagian dari sel darah putih yang berperan untuk melawan virus dan bakteri yang dapat membawa penyakit. Rangsangan yang di berikan senyawa aktif dari jamur tiram pada makrofag menjadikannya lebih aktif serta bekerja lebih optimal. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi jamur tiram dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat dan tidak mudah terkena penyakit.

2. Antioksidan alami yang baik

Selain dapat merangsang makrofag, jamur tiram juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan merupakan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh sebab nutrisi ini dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas yang ada di sekitar kita. Antioksidan juga bermanfaat untuk kecantikan, sebab antioksidan dapat mencegah penuaan dan menjaga kulit agar sehat dan terlihat awet muda. Antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dapat menurunkan resiko penyakit berbahaya seperti kanker dan tumor.

3. Memenuhi kebutuhan gizi

jamur tiram mengandung gizi yang cukup banyak. Kamu bisa menemukan 30 kalori energi si setiap 100 gram jamur tiram, 1.9 gram protein, 5.5 gram karbohidrat, 0.1 gram lemak, dan 3.6 gram serat. Tidak sampai situ saja, jamur tiram juga memiliki berbagai vitamin dan mineral yang baik seperti kalsium, vitamin B, vitamin D, fosfor, natrium, zat besi, kalium, zinc, dan tembaga. Namun saat mengkonsumsi hidangan dari jamur ini kamu juga harus memperhatikan makanan pendamping lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan gizi kamu dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *